Tugas Guru

Tugas Guru | Rifai’s Blog. Masih dalam ranah Pengantar Ilmu Pendidikan dan Guru. Setelah kemarin Kode Etik Guru/Pendidik, sekarang Tugas Guru/Pendidik. Guru memiliki banyak tugas, baik yang terikat oleh dinas maupun di luar dinas, dalam bentuk PENGABDIAN. Guru merupakan profesi / jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai dan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang pendidikan. Beberapa Tugas Guru adalah:

1.      Bidang Profesi
meliputi :
• Mendidik    : meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup.
• Mengajar   : meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
• Melatih      : mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa.
2.      Bidang Kemanusiaan
Guru di sekolah harus dapat menjadikan dirinya sebagai orangtua kedua yang mampu menarik simpati sehingga ia menjadi idola parasiswanya, dan menjadi motivasi bagi siswanya dalam belajar.
3.      Bidang Kemasyarakatan
Masyarakat menempatkan guru pada tempat yang lebih terhormat di lingkungannya karena dari seorang guru diharapkanmasyarakat dapat memperoleh ilmu pengetahuan. Ini berarti bahwa guruberkewajiban mencerdaskan bangsa menuju pembentukan manusia Indonesiaseutuhnya yang berdasarkan Pancasila.Semakin akurat para guru melaksanakan fungsinya, semakin terjamin tercipta dan terbinanya kesiapan dan keandalan seseorang sebagai MANUSIA PEMBANGUNAN.

Demikianlah, Mas Bro Beberapa Tugas Guru yang dapat saya bahas dalam kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat...

Baca Juga Artikel di Bawah Ini:

0 comments:

Post a Comment

© Rifai's Blog "http://rifai17.blogspot.com"
Published by Rifai Yusuf

 

Alexa Rank

Pengunjung