Cara Penulisan Bibliografi/Daftar Pustaka


Cara Penulisan Bibliografi/Daftar Pustaka | Rifai Yusuf
Cara Penulisan Bibliografi/DaftarPustaka | Rifai Yusuf. Pagi Mas Bro dan Mbak Sist, Gimana sih cara yang tepat dalam menulis biblografi/daftar pustaka? OK, dalam kesempatan pagi ini saya mau share tentang bgaimana cara penulisan bibliografi/daftar pustaka yang terpat. Dimana ini merupakan palajaran dari Mata Kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan ketiak saya Semester IV. OK, langsung saja Cekodot.

1.    Daftar pustaka disusun menurut abjad pengarang, tanpa nomor urut dengan baris pertama lurus samping, dan bila ada baris kedua menjorok lima huruf.
Contoh:
Ajeng, Devy. 2014. Susuk Pengawet Djeng Ajeng. Denmark: Hawul-hawul Press.
Anshori, Jefri. 2014. Membaca Alam Lewat Primbon. Semarang: Hawul-hawul Press.
2.    Judul buku dicetak miring.
3.    Jarak antarbibliografi 1,5 spasi, jarak barisbibliografi 1 spasi.
4.    Bila nama penulis terdiri atas dua unsur atau lebih, unsur surname (merujuk pada family name/nama marga) diletakkan di depan diikuti tanda koma, sedangkan unsur lainnya diletakkan selanjutnya.
5.    Situpai, Shindy Puspita. 2030. Cara Melompat Dengan Ceria. Semarang: Hawul-hawul Press.
Contoh penulisan nama China:
Kim, Jong Un.
The, Liang Gie
6.    Bila penulis adalah organisasi/lembaga/institusi, maka nama-nama tersebut menggantikan nama orang.
Contoh:
Institut Pertanian Mahmud Kublanen. 2012. .......
7.    Bila tidak ada angka tahun, maka diberi singkatan t.th (tanpa angka tahun).
Contoh:
Tarjo, Kusmiran. t. th. Bolang-baling Bolong. Jakarta: Hawul-hawul Press.
8.    Bila penulis terdiri atas dua penulis, nama penulis utama disesuaikan aturan penulisan, sedang nama penulis kedua disusun berikutnya diawali kata hubung “dan”.
Contoh:
Panji, Suislo dan Anton Sukamadu. 2014.....
9.    Bila penulis terdiri atas tiga pengarang, nama penulis utama disesuaikan aturan penulisan, sedang nama penulis kedua dan ketiga disusun dengan diawali partikel “koma” dan kata hubung “dan” di antara penulis kedua dan ketiga.
Contoh:
Sidongdong, Arum, Fahri Abambam, dan Ayu Farinaseh. 2003......
10. Bila penulis terdiri atas empat pengarang, nama penulis utama disesuaikan aturan penulisan, sedang nama penulis kedua, ketiga, dan keempat digantikan dengan singkatan dkk.
Contoh:
Sidongdong, Arum, dkk/etc. 2003......
11. Bila sumber diambil dari kumpulan yang menggunakan editor atau penyunting, nama pengarang diisi nama editor atau penyunting disertai tanda “(ed)” pada bagian belakang nama.
Contoh:
Sidongdong, Arum (ed). 2003......
12. Bila sumber merupakan hasil terjemahan, bibliografi dilengkapi  tulisan “ter. Nama Penerjemah” setelah judul buku yang diawali dengan partikel “koma”.
Contoh:
Charles, Mulle. 2010. Bolang-baling Bolong, “ter. M. Schumaccer”.  Jakarta: Hawul-hawul Press.
13. Bila sumber diambil dari artikel dalam jurnal atau majalah, nama penulis ditulis sesuai aturan, judul artikel dilengkapi partikel “petik dua”, nama jurnal dicetak miring, edisi/volume, kota terbit disusul bulan terbit dan tahun yang diletakkan dalam tanda kurung.
contoh:
Hidayat, Nur. “Analisis Perbandingan Laporan Keuangan Fiskal”, Jurnal Perpajakan Indonesia, Volume 33, (Jakarta Mei 2012).
14. Bila sumber berupa tajuk rencana, nama penulis diganti tajuk rencana dilanjutkan judul tajuk rencana yang diapit tanda petik dua, kemudian dilanjutkan dengan nama media dicetak miring dan tanggal terbit.
Contoh:
Tajuk Rencana. “Sumber Fiskal Yang Gagal”. Kompas, 24 September 2011.
15. Bila bersumber dari jurnal dalam internet, disusun mulai nama penulis, tahun upload, nama judul yang diapit tanda petik dua, ditambahkan tulisan (online), dan diakhiri dengan nama web dan tanggal akses yang diletakkan dalam tanda kurung.
Contoh:
Kurnanda. 1988. “Super Bowel dan Bawel”, (online), Jilid 5 No. 4, (www.jurnalbali.ac.id diakses tanggal 23 Mei 2012).
Demikianlah cara penulisan bibliografi/daftar pustaka yang terpat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel di Bawah Ini:

0 comments:

Post a Comment

© Rifai's Blog "http://rifai17.blogspot.com"
Published by Rifai Yusuf

 

Alexa Rank

Pengunjung