Keutamaan Puasa Bulan Sya'ban

Keutamaan Puasa di Bulan Sya’ban | Rifai’s Blog.
Rasulullah ditanya oleh seorang sahabat,

“Adakah puasa yang paling utama setelah Ramadlan?” Rasulullah Shollallahu alai wasallam menjawab, “Puasa bulan Sya’ban karena berkat keagungan bulan Ramadhan.”Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa sampai kami katakan beliau tidak pernah berbuka. Dan beliau berbuka sampai kami katakan beliau tidak pernah berpuasa. Saya tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadhan. Dan saya tidak pernah melihat beliau berpuasa lebih banyak dari bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

Sepintas dari teks Hadits di atas, puasa bulan Sya’ban lebih utama dari pada puasa bulan Rajab dan bulan-bulan mulia (asyhurul hurum) lainnya. Padahal Abu Hurairah telah menceritakan sabda dari Rasulullah Shollallu alaihi wasallam,

“Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan-bulan mulia (asyhurul hurum).”

Menurut Imam Nawawi, hal ini terjadi karena keutamaan puasa pada bulan-bulan mulia (asyhurul hurum) itu baru diketahui oleh Rasulullah di akhir hayatnya sebelum sempat beliau menjalaninya, atau pada saat itu beliau dalam keadaan udzur (tidak bisa melaksanakannya) karena bepergian atau sakit.

Sesungguhnya Rasulullah Shollallu alaihi wasallam mengkhususkan bulan Sya’ban dengan puasa itu adalah untuk mengagungkan bulan Ramadhan. Menjalankan puasa bulan Sya’ban itu tak ubahnya seperti menjalankan sholat sunat rawatib sebelum sholat maktubah. Jadi dengan demikian, puasa Sya’ban adalah sebagai media berlatih sebelum menjalankan puasa Ramadhan.

Adapun berpuasa hanya pada separuh kedua bulan Sya’ban itu tidak diperkenankan, kecuali:
1.  Menyambungkan puasa separuh kedua bulan Sya’ban dengan separuh pertama.
2.  Sudah menjadi kebiasaan.
3.  Puasa qodlo.
4.  Menjalankan nadzar.
5. Tidak melemahkan semangat puasa bulan Ramadhan.


Bulan Sya’ban memiliki banyak keutamaan dan banyak kejadian penting di Bulan Sya’ban. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel Keutamaan dan Kejadian Penting di Bulan Sya’ban.


Wallahu’alam, semoga bermanfaat.

© Rifai's Blog "http://rifai17.blogspot.com" Published by Rifai Yusuf

Baca Juga Artikel di Bawah Ini:

4 comments:

Darmawan Saputra said...

wah.. keren sekali artikelnya..
i like it

Rifai17 (Admin) said...

terimakasih Bro....
semoga bermanfaat.

bagaimana caranya said...

artikel yang sangat berman faat ,, salam kenal sob ,,visit mee ,,sukse steruss

Rifai17 (Admin) said...

Amin....
trimakasih Sob.
salam sukses.

Post a Comment

© Rifai's Blog "http://rifai17.blogspot.com"
Published by Rifai Yusuf

 

Alexa Rank

Pengunjung